Tirta Amanda News :
Home » » PROGRAM PEMBINAAN JANGKA PANJANG ATLET RENANG BARRACUDAS NEWMONT SUMBAWA BARAT NTB

PROGRAM PEMBINAAN JANGKA PANJANG ATLET RENANG BARRACUDAS NEWMONT SUMBAWA BARAT NTB

Written By danang on Selasa, 23 April 2013 | 23.4.13




WEBSITE TITRA AMANDA SILAHKAN CLICK DISINI
atau hub 0819-2992-3688




PROGRAM RENANG BARRACUDAS SUMBAWA BESAR, NUSA TENGGARA BARAT 
Program Pembinaan Jangka Panjang olahraga Renang

Bila pembinaan jangka panjang 10 s/d 12 tahun, maka anak-anak yang sudah bisa berenang mulai dari umur 6 tahun sudah harus diatur jumlah latihan perminggunya menurut jenjang umurnya sampai pada umur 18 tahun.

1.Anak umur 6 s/d 8 tahun (K.U V) latihannya 1 s/d 3 kali perminggu

Latihan terfokus pada teknik, baik dalam keadaan berenang pelan, sedang, cepat maupun sprint. Disamping itu latihan start, pembalikan dan finis yang benar sudah harus dimulai. Bertanding hanya untuk memberikan pengalamansaja, tidak ada target yang harus dicapai jadi tidak ada beban. Bila ternyata mereka menghasilkan yang terbaik biarkan saja apa adanya, namun kita tetap konsekuen pada rancangan program pembinaan yang sudah dirancang. Apapun bentuk latihan yang diberikan, teknik renangnya harus selalu dikontrol. Pada setiap latihan pemanasan perlu diperhatikan materi-materi senam yang dapat meningkatkan kondisi fisik . pertandingan yang boleh diikuti pertandingan tingkat pemula dengan tanpa target tertentu namun harus selalu ditekankan untuk memperbaiki waktunya sendiri. Yang penting disini menanamkan rasa senang dan gembira, sehingga semakin lama anak-anak semakin mencintai dunia renang.

2.Anak umur 9 s/d 10 tahun (K.U IV) latihannya 3 s/d 5 kali perminggu

Dengan tetap memperhatikan teknik ranang yang benar, start, pembalikan dan finish yang akurat, latihan pada kelompok ini sudah boleh dimulai latihan-latihan pagi dan sore. Jadi bila jumlah latihan seminggu sudah mencapai 5 kali seminggu, maka palingtidak latihan pagi dapat dilakukan sebanyak 2 kali seminggu. Perlu diperhatikan dalam membagi latihan pagi dan sore mengacu kepada prinsip-prinsip fa’al kerja tubuh. Ingat pada ungkapan dr. sadoso didalam sebuah bukunya (berdasarkan hasil penelitian). Jangan sampai istirahat antara latihan tersebut lebih dari 2 X 24 jam, karena bila istirahatnya melebihi 2 X 24 jam, maka hasil dari latihan yang sudah didapat sebelumnya, seperti kekuatan, kecepatan, daya tahan sudah mulai menurun kembali. Bila ternyata beberapa perenang dikelompok ini menghasilkan prestasi yang sangat menggembirakan, kita pelatih jangan sampai melakukan hal-hal yang sifatnya menekan, walaupun mereka sudah menjuarai pada nomor-nomor yang mereka ikuti, iarkan saja berjalan apa adanya.

3.Anak umr 11 s/d 12 tahun (K.U III) latihannya 5 s/d 7 kali perminggu

Latihan-latihan sudah mulai intensif, target-target latihan sudah harus ditetapkan, dan secara periodic harus ada tes-tes sebagai evaluasi untuk menentukan kemajuan prestasi yang mereka capai. Prestasi tersebut tidak hanya dilihat dari prestasi renangnya saja, namun tes-tes mengukur tingkat kemajuan kekuatan otot-otot tertentu, daya tahan juga harus dievaluasi.

4.Anak umur 13 s/d 14 tahun (K.U II) latihannya 7 s/d 9 kali perminggu

(1 kali latihan beban)

pada kelompok umur ini para perenang sudah boleh diberikan latihan beban, dan secara periodic harus dilihat perkembangannya melalui tes-tes, kekuatan otot, daya tahan otot, tes kecepatan, begitu juga tes VO2 Max. istilah hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, harus ditanamkan kepada mereka. Jadi sasaran-sasaran yang akan dicapai harus dapat diraih dengan hati yang kokoh. Ingat tanamkan rasa cinta almamater kepada mereka, sebab orang yang cinta almamater akan berani berkorban apa saja, dan jiwa patriotnya pun tinggi.

AGE MATGRIK

(Counsilman, Dr. Pyne, Maglischo, Sweetenham)

1. Usia 6-8 tahun: having fun, stroke teknis dan membangun kepercayaan diri (confidence built)

2. Usia 9-10 tahun: pengertian tentang team work dan estafet/relay

3. Usia 11-12 tahun: pengertian tentang conditioning (aerobic base), goal setting dan percaya diri

4. Usia 13-14 tahun: koordinasi tentang tugas sekolah (SMP), sosialisasi dengan sesama atlet, menentukan aktifitas primer (extrakurikuler), Eaerobic Base meningkat (65-75%)

5. Usia 15-16 tahun: penentuan spesial event (gaya dan nomor), latihan darat dan program latihan

6. Usia 17-20 tahun: individual goals, training dan akademik menjadi prioritas utama untuk setiap perenang

7. Usia 21 tahun keatas: karir dan renang dapat dilakukan secara seksama dengan pengaturan waktu latihan dengan pekerjaan tetap (komitmen,disiplin dan aplikasi).

demikian sedikit gambaran program jangka panjang club renang barracudas sumbawa barat, NTB
bila ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi saya lewat email danang_prio@yahoo.com.sg



Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TIRTA AMANDA SWIMMING CLUB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger